Senin, 07 Maret 2011

2X WISUDA, 2 KAMPUS, 2 JURUSAN BEDA = 1 GELAR

Gelar dan wisuda adalah identik. Orang yang sudah diwisuda biasa akan ditanya, gelar apa yang diperolehnya. S.Pd, S.Sos, SH, S.Si, S.Pt, SP, ST, S.Kom, S.Ag, S.Th atau es-es yang lain. Jika ia satu kali wisuda. Ini anggapan bahwa sekarang diploma tidak diwisuda lagi di Universitas. Jika dua kali wisuda dia akan menambah gelar di belakangnya satu lagi, entah itu satu S lagi atau bahkan M.

Sedikit berbagi pengalaman. Tahun 2005 menyelesaikan studi di Yogyakarta dengan mendapat gelar es di belakang nama saya. Lalu mulai mengabdi di Kupang di bidang pendidikan, suatu bidang yang berbeda dengan gelar S yang saya terima. Empat tahun mengabdi di bidang pendidikan sebagai pengajar, lalu tertarik untuk mendalami tentang pendidikan. Syukur-syukur nanti akan mendapat pekerjaan tetap dan terjamin untuk jalur pendidikan. Hitung-hitung itu bonusnya. Lalu, di satu-satunya Universitas Negeri di Nusa Tenggara Timur saya memutuskan untuk kuliah akta lagi kendatipun sedang mendalami juga pendidikan Kristen di jenjang di atas es untuk mendapat gelar yang kedua. Tapi kuliah kali ini di Undana bukan untuk sebuah gelar. Untuk sebuah kertas bernama ijazah yang bertuliskan Akta Mengajar IV. Di kampus lain atau organisasi lain mungkin mendapatkan akta bisa hanya tiga, enam atau sembilan dan duabelas bulan tapi di UNDANA demi kemantapan satu tahun setengah untuk mendapatkan akta mengajar IV.

Tanggal 26 Februari 2011 adalah hari wisuda kedua saya di UNDANA. Hari wisuda untuk sebuah kertas bernama akta. Ya dua kali wisuda di dua kampus yang berbeda dengan dua jurusan yang berbeda tanpa gelar tambahan dengan bonus rasa syukur segudang. Trimakasih Tuhan. Mudah-mudahan wisuda ke tiga dan seterusnya ada tambahan gelar. Tuhan Tolonglah.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam Kenal Bloger Kupang.. ^_^
Tetap berkarya..

Medison mengatakan...

Salam kenal. Lagi belajar nge-blog neh... hehehe

Anonim mengatakan...

jadi sekarang gelarnya apa aja, gan?
trimakasih.